Plug-in penting di Blog WordPress anda

26 Februari 2010

Tips dan Trick Wordpress

Plugin penting untuk wordpress blog berbayar hosting sendiri

Sob kali ini gue mau membahas tentang plugin penting di wordpress. Tentu saja bukan di wp.com ini melainkan di wp.org dimana sobat menginstall software wordpress di cpanel (biasanya dengan fantastico) pada web yang dihosting sendiri. Salah satu kelebihan  WordPress sebagai platform blog yang paling populer adalah banyaknya dukungan dari ribuan plugin yang menambah fungsionalitas blog kita, menjadi lebih dari sekedar blog. Fitur default WordPress.org sendiri tidaklah selengkap WordPress.com, sehingga boleh dibilang kalau blog bermesin WordPress.org sangat bergantung pada dukungan plugin-plugin yang dibuat oleh pihak ketiga. Ada beberapa jenis plugin yang banyak blogger menganggapnya sebagai jenis plugin wajib untuk setiap blog WordPress

  • Akismet: Tak bisa dibayangkan bagaimana dunia blog terutama WordPress tanpa Akismet. Spammer yang menggila sangat menyebalkan bukan? Namun Akismet kini memberi solusinya. Spammer-spammer yang rajin nongol di kolom komentar tidak lagi muncul. Ini dia plugin wajib untuk pengguna WordPress! selain itu juga sobat bisa menambahkan AVH First Defense Against Spam (wordpress.org/extend/plugins/avh-first-defense-against-spam), Bad Behavior, WordPress Firewall (wordpress.org/extend/plugins/wordpress-firewall), Mollom (wordpress.org/extend/plugins/wp-mollom), WP AntiVirus (wordpress.org/extend/plugins/antivirus) untuk mendampingi plugin Akismet. Pilih satu aja untuk mendampingi Akismet, dari pengalaman gue, Bad Behaviour yang kompatibel dengan Akismet.
  • All in One SEO Pack: Sebuah plugin yang dapat membantumu meng-SEO-kan blog ataupun postingan tertentu. Get more traffic from optimazed blog! Yang ini plugin wajib untuk para bloggers yang peduli pada SEO.
  • Delete Revision(http://wordpress.org/extend/plugins/delete-revision) : Blogger yang mengelola blog dengan domain dan hosting berbayar seringkali direpotkan dengan banyaknya jumlah revisi postingan di bawah text-editor. Kalau jumlah postingan belum begitu banyak mungkin tak berdampak terhadap kinerja server. Kita bisa menghapus postingan yang sudah disunting secara manual melalui dashbor. Namun, sebaliknya, kalau jumlah postingan sudah bejibun, sementara setiap kali memosting tulisan kita seringkali menyuntingnya, agaknya akan memberikan dampak yang kurang bagus terhadap kinerja database blog kita. Loading jadi lebih berat, bahkan bisa jadi akan menimbulkan error dan tak bisa diakses. Agaknya akan banyak menguras energi apabila kita harus menghapus postingan yang sudah tak terpakai tersebut secara manual. Kini, kita tak perlu khawatir. Kondisi seperti itu bisa dengan mudah diatasi dengan menggunakan plugin delete-revision. Dengan mengaktifkan plugin tersebut setelah ter-instal, kita bisa menghapus revisi postingan yang sudah tak terpakai berapa pun jumlahnya dengan amat mudah. Hanya dengan meng-klik tab ”check redundant revision”, kita akan diperlihatkan jumlah postingan revisi yang sudah jadi “sampah”. Postingan “sampah” tersebut bisa terhapus dengan cepat hanya dengan meng-klik tab “Yes, I would like to delete theme!” Nah, postingan “sampah” pun tidak lagi membebani database blog kita. Cool !
  • Dofollow. Dofollow adalah sebuah “hadiah kecil” kepada mereka yang memberikan komentar pada postingan kita karena plugin ini membuka dofollow sehingga dapat menaikkan ranking blog mereka. Namun di sisi lain, plugin ini juga dapat memancing orang untuk memberikan komentar asal untuk sekedar mencari backlinks. So, be wise!
  • DropCap First Character Plugin ini membuat huruf pertama pada postingan kita menjadi besar seperti pada huruf pertama di majalah-majalah. Tampilan blog menjadi lebih menarik kan? Yehaaaa!
  • flickrRSS (wordpress .org/extend/plugins/quick-flickr-widget)
    Mau memajang foto-fotomu di flickr pada blog? Ini dia jawabannya. Bagus digunakan pada photoblog.
  • Gravatar2 Plugin ini memberikan ruang kepada para komentator yang narsis. Dengan mendaftarkan email beserta fotonya di situs Gravatar, mereka dapat bernarsis ria dengan memajang foto mereka pada setiap komentar. Plugin ini juga bisa menambah keakraban masing-masing blogger lho…
  • In Series (wordpress .org/extend/plugins/in-series): Mau membuat postingan berseri? Trilogi? Tetralogi? Dengan plugin ini pembaca jadi lebih mudah dalam mengakses seri-seri berikutnya dari tulisanmu.
  • Popularity Contest: Plugin yang dapat mengurutkan postingan kita berdasarkan popularitasnya. Nilai atau value popularitasnya dapat kita atur sendiri.
  • Smart Archives (wordpress. org/extend/plugins/smart-archives-reloaded)
    Plugin yang ciamik banget digunakan untuk menata arsip blog agar lebih tertata rapi dan mudah diakses.
  • WordPress.com Stats: Plugin ini wajib untuk mereka yang suka mengintip perkembangan traffic blog. Sehingga kalau trend blog mulai turun, bisa deh dilakukan langkah-langkah antisipasi agar traffic blog meningkat lagi.
  • WordPress Mobile Edition (http:// wordpress .org/extend/plugins/wordpress-mobile-edition) : plugin ini mendeteksi netters yang datang ke blog kita melalui smartphones, PDA dan Tablet PC kemudian mengkonversi blog kita menjadi versi mobile yang ringkas.
  • WP-PageNavi
    Plugin ini merubah tampilan navigator halaman pada postingan kita agar lebih mudah diakses pembaca.
  • WP-Polls (wordpress .org/extend/plugins/wp-polls)
    Sesuai namanya, plugin ini digunakan untuk membuat polling pada blog. Bisa disisipkan pada sidebar dan isi postingan juga lho…
  • WP Grins: Plugin ini berguna untuk menampilkan “smiley icon” pada form komentar sehingga komentator dapat mengetahui smiley icon apa saja yang terpasang pada blog kita. Sobat juga bisa pake plugin kaskus emoticon yang keren, plugin Munky Smiley yang funky atau plugin kucing smiley yang lucunya amit-amit :mrgreen:
  • WPvideo (wordpress.org/extend/plugins/wordpress-video-plugin)
    Plugin ini digunakan untuk menampilkan video dari YouTube atau website sejenis.
  • Add to Any: Share/Bookmark/Email Button: buat nambahin postingan kita ke social bokmarks kaya digg, delicious, dll
  • Broken Link Checker untuk mengecek adanya broken link di blog sobat
  • Chap Secure Login, Login LockDown (bad-neighborhood.com), Secure Admin (wordpress .org/extend/plugins/secure-admin), WP Security Scan adalah plugin security wajib bagi admin blog. Gue pasang semua sob. Mantap!
  • Optimize DB: membuat database sobat jadi lebih ringkas sehingga waktu loading lebih cepat
  • JavaScript to Footer: javascript ditaruh dibagian footer agar waktu loading jadi lebih cepat selain itu anda juga bisa menggunakan WP Minify (wordpress .org/extend/plugins/ wp-minify) , DB Cache Reloaded Fix (http:// wordpress.org/extend/ plugins/db-cache-reloaded-fix) , Wp Super Cache (http://wordpress.org/extend/plugins/wp-super-cache) dan Widget Cache (http:// wordpress.org/extend/ plugins/wp-widget-cache) untuk membantu memercepat loading blog anda
  • GD Star Rating (www.gdstarrating.com) : buat pengunjung agar bisa merating post-post kita
  • AB – Konten Gambar: gue dapet dari AsianBrain. Keterangannya:  Dengan plugin ini ABers bisa menambahkan gambar pada setiap konten sesuai dengan kata kunci. Ini akan lebih membuat setiap postingan ABers menjadi lebih unik karena ada tambahan lain, yaitu berbentuk gambar
  • AB – Konten Video: Dengan plugin ini ABers bisa dengan mudah menempatkan konten tambahan berupa video dari YouTube.com. Jadi selain artikel, tambahkan juga video ke dalam postingan Anda! Ini akan membuat setiap postingan ABers semakin unik di mata Search Engine!
  • AB – H1-H2: Tag H1 dan H2 sangat penting untuk SEO. Dengan plugin ini ABer dapat membuat tag H1 dan H2 yang berisikan kata kunci yang ditarget. Tag H1 dan H2 ini akan tampil secara tersembunyi dan terbaca oleh Robot Search Engine melalui Source Code.
  • Google XML Sitemaps dan Google Analytics (yoast. com/wordpress/google-analytics) : This plugin will generate a sitemaps.org compatible sitemap of your WordPress blog which is supported by Ask.com, Google, MSN Search and YAHOO.
  • Max Banner Ads (maxblogpress.com/plugins/mba): plugin buat rotasi banner yang bisa ditempatkan dimana aza kita mau sob
  • MaxBlogPress Ping Optimizer (maxblogpress .com/plugins/mpo) : Saves your wordpress blog from getting tagged as ping spammer by installing this plugin
  • MaxBlogPress Favicon (maxblogpress. com/plugins/mfi) : buat nambahin favicon di blog anda. Favicon itu icon kecil yang ada disamping nama URL blogmu sob!
  • myBlogRoll: plugin buat dropdown blogroll di sidebar widget. yang buatnya blogger Indonesia lho 😀 (Ada yang kelupaan. Ini penting. Jangan takut kalau pakai plugin ini ntar gak ngaruh sama Google backlink. Dijamin plugin ini SEO friendly alias link biasa. Kalau gak percaya view source saja, ntar bakal kelihatan daftar blogrollnya seperti biasa)

Gimana sob? Adakah dari plugin-plugin diatas yang sobat install di blog wordpress sobat? Y

sumber:

  • resep. web.id
  • wordpress. org/extend/plugins
, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Komentar ditutup.