Pikiran Bawah Sadar: Cara Memrogram Ulang

12 Agustus 2010

Rahasia Otak

Secara umum kita mengenal dua jenis pikiran, yaitu pikiran sadar dan pikiran bawah sadar. Deikman (dalam Atkinson et al, 2005) menjelaskan hal ini. Menurutnya terdapat dua jenis kesadaran, yaitu : kesadaran pasif, dimana seseorang bersikap menerima apa yang terjadi pada saat itu dan kesadaran aktif, yang menitikberatkan pada inisiatif dan mencari, atau merencanakan berbagai kemungkinan dimasa depan. Pikiran bergerak melalui kedua jalur kesadaran ini dan di dalam kedua jalur ini pula alur berpikir sangat dekat dengan kesadaran.

James K. Van Fleet juga menegaskan hal yang sama. Anda memiliki dua pikiran, yaitu pikiran sadar dan pikiran bawah sadar. Pikiran sadar anda menggunakan logika, deduksi dan nalar untuk mencapai konklusi dan membuat keputusan. Pilihan hidup anda, keputusan untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu dibuat oleh pikiran sadar anda, bukan oleh pikiran bawah sadar anda. Pikiran bawah sadar tidak berpikir atau bertindak atas kemauannya sendiri atau inisiatifnya sendiri. Tujuan pokoknya adalah mencapai sasaran yang telah ditentukan oleh pikiran sadar anda (Van Fleet, 1996).

Jika anda memberikan kepada pikiran bawah sadar anda sasaran yang spesifik, objektif dan konkret untuk dicapai, dia pasti akan berusaha keras mendapatkan semuanya bagi anda. Lebih lanjut Van Fleet juga menjelaskan tentang tiga jenis penyimpanan ingatan yang berbeda didalam pikiran bawah sadar :

  • Penyimpanan eksperensial, berasal dari segala sesuatu yang pernah terjadi pada diri anda, segala sesuatu yang pernah diceritakan kepada anda, segala sesuatu yang pernah anda lihat, dengar, cium atau cicipi. Ingatlah juga bahwa pengalaman membayangkan sesuatu dianggap sebagai sesuatu yang nyata oleh pikiran bawah sadar anda, sama seperti kejadian sesunggguhnya yang pernah terjadi. Ini disebabkan karena pikiran bawah sadar tidak bisa membedakan antara kenyataan dan khayalan.
  • Penyimpanan kata, berasal dari segala sesuatu yang telah anda baca atau pelajari dan pemahaman anda tentang arti dari setiap kata-kata tersebut.
  • Penyimpanan sikap atau konsepsi, merupakan penafsiran pikiran bawah sadar terhadap dua system penyimpanan yang pertama. Misalnya, jika seseorang menjelaskan tentang burung kepada anda, tapi tidak pernah menyebut kata yang sebenarnya, yaitu burung, anda masih bisa mengetahui apa yang sebenarnya sedang dibicarakannya (Van Fleet, 1996).

Ada fakta yang menarik tentang kekuatan pikiran bawah sadar. Perilaku kita 88 % dipengaruhi oleh pikiran bawah sadar kita dan 12 % oleh pikiran sadar kita. Betapa tidak, pikiran bawah sadar kita merupakan sebuah dataran maha luas tempat berhimpunnya segudang infromasi, pengetahuan, stimulus dan apa saja yang kita terima dari pengalaman hidup, bacaan, tontonan, pengajaran para pendidik, petuah orangtua dan rohaniwan. Ini semualah yang akan membentuk perilaku kita.

Klik nomer 2 di bawah untuk membaca cara reprogramming bawah sadar

, , , , , , , , , , , ,

Komentar ditutup.