SMO is The New SEO !

9 Januari 2012

Tips Ngeblog

Social Media Optimization

Mengapa Anda Membutuhkan SMO | Tips Trik SMO

Social Media Optimization | Mengapa Anda Membutuhkan SMO | Tips Trik SMO

Mengapa Anda Membutuhkan Social Media Optimization. Tidak dipungkiri lagi, SEO atau Search Engine Optimization masih menjadi kunci utama dalam memperkuat online visibility dan online reputation anda. Meski masih banyak kontroversi seputar SEO terutama mitos-mitos SEO, tapi cara ini masih menjadi pilihan optimasi utama dan populer bagi banyak narablog.

Namun hanya mengandalkan SEO saja saat ini sudah tidak cukup lagi. Ada “cara baru” untuk mengoptimasi blog/website. Cara ini disebut Social Media Optimization (SMO). SMO juga disebut “Social SEO”.

Social media optimization (also known as SMO or social SEO) is the methodization of social media activity with the intent of attracting unique visitors to website content.

http://en.wikipedia.org/wiki/Social_media_optimization

“Cara baru” yang saya sebutkan ini sebenarnya gak baru-baru amat ya. Namun menilik perkembangan jejaring sosial media yang semakin marak seperti Twitter, Google+, LinkedIn, Facebook, Foursquare, dll maka pemanfaatan sosial media menjadi amat krusial. Di jejaring inilah kerumunan netter berada dan jika mereka menyukai konten entah itu di mailing list, blog, photoblog, videoblog, dll maka dengan cepat konten itu menjadi viral (menyebar dari “mulut ke mulut”).

SMO bisa dikaitkan dengan Viral Marketing. Jika anda mempunyai sebuah produk yang anda yakin disukai banyak orang, anda tidak perlu membuat blog/website jualan. Cukup menaruh fotonya dan beriklan di (misalnya) FJB Kaskus, Twitter, Facebook, atau anda bisa mendaftarkan toko anda menjadi venue di FourSquare dan memberikan program2 menarik, dll. Teknik Viral Marketing seperti ini tidak mengandalkan search engine, tapi mengandalkan pertemanan dan temannya teman untuk datang melongok lapak anda. Inilah jejaring sosial (social network) yang dimanfaatkan untuk marketing.

Perusahaan baik besar maupun kecil juga telah melirik viral marketing sebagai bagian dari marketing champaign mereka. Saat ini kita bisa melihat mereka berlomba-lomba memanfaatkan twitter, facebook bahkan youtube. Contoh: keripik Ma Icih bisa begitu terkenal dan laku keras karena teknik viral marketing. Para artis juga rame-rame mempublish diri mereka di jejaring sosial agar kedekatan emosional dengan para fans mereka semakin erat. Para fans yang juga pemain utama di jejaring sosial ini adalah target market yang sangat empuk dan dengan mudah membuat apapun dari diri artis itu menjadi viral.

Dulu perusahaan hanya melirik search engine optimization dan search engine marketing. SMO tidak dilirik karena jejaring sosial ini pada awalnya dibuat untuk stay in touch dengan keluarga dan teman-teman. Tidak ada normanya sebuah perusahaan sebesar Phiilips, atau P&G misalnya mempunyai fans page dan “bercakap-cakap” ngalor ngidul dengan para followers mereka. Tapi itu dulu :mrgreen: Di era ini, orang membutuhkan dan menghargai kedekatan emosi dengan siapa saja. Inilah yang dilihat oleh mereka. Kedekatan emosi dengan calon kostumer atau kostumer lama dinilai penting untuk terus dipelihara. Inilah pula yang saya rasakan ketika memutuskan untuk membeli Phiilips Shaver. Saya ngobrol dan bercanda dengan admin Phiilips pun dilayani dengan baik 😆

Nah dengan cara yang sama kita bisa memanfaatkan jejaring sosial untuk membuat konten blog menjadi viral. Kita akan membangun kedekatan emosi dengan calon audience dan pembaca lama blog anda. Tidak mustahil anda bisa mendapatkan audience baru dengan teknik ini. Mungkin juga audience ini suatu hari akan menjadi pembaca setia blog anda atau bahkan menjadi kostumer setia anda. Inilah era Social Media Optimization. Mereka mengetahui konten blog anda bukan dari search engine melainkan dari jejaring sosial.

Bagaimana mengoptimalkan Jejaring Sosial guna mendapat traffic dan audience baru ke Blog anda? Ini caranya:

  • Upload video ke youtube tentang sebuah topik menarik misalnya cara membuat rajutan unik, berikan link ke blog anda agar mereka yang mencari topik ini juga datang berkunjung ke sana. Agar lebih viral, sebarkan link video ini ke twitter, facebook atau buatkan thread khusus di kaskus yang berisi embedd video + link ke blog. Cerdik ya? 😀
  • Buatkan facebook fans page untuk blog anda atau untuk topik tertentu, dan share tiap postingan terbaru anda di page tersebut. Saya punya 3 fans page yang tidak ada hubungannya dengan blog ini, tapi jika saya share artikel2 disana…..dengan mudah mereka menjadi traffic disini 🙂
  • Aktif di twitter dengan ide-ide dan diskusi menarik. Buat hashtag unik dan promosikan pada followers anda. Jika topiknya benar-benar menarik maka dengan mudah anda bisa kebanjiran traffic. Perhatikan kedua hashtag ini #kibulansusu -nya Erikar Lebang dan #garagarasusu -nya sebuah produsen susu yang mempunyai banyak pengikut dan penggemar fanatik sendiri.
  • Aktif dalam diskusi – diskusi di Forum seperti Kaskus misalnya. Dengan aktif berdiskusi, anda membangun reputasi tersendiri. Anda dengan mudah bisa menyisipkan link ke blog atau ke Visitor Messenger (VM) teman-teman anda. Banyak sekali traffic bisa  anda dapatkan dari kaskus dan dengan mudah menjadi viral disana.
  • Jika anda aktif di forum dan sering berbagi file lewat ziddu, megaupload, box.net, forshared, dll mengapa tidak coba cara ini: zip file-file anda beserta sebuah ebook PDF atau file ms.word atau file .txt yang berisi artikel menarik dari blog anda dan link menuju ke sana. Pasti ada yang tertarik membacanya. Cara ini tidak pernah mengecewakan saya!
  • Jika anda berjualan online, ikuti juga FJB kaskus agar online visibility lapak anda meningkat. FJB kaskus punya ribuan kostumer dan penjual tiap hari…it’s worth it! Selain itu tokobagus dan berniaga.com juga pilihan yang bagus.
  • Daftarkan blog anda pada blog directory serta RSS blog ke RSS blog directory. Caranya ? klik ini
  • Agar konten blog anda travel kemana-mana, gunakan fitur publicize untuk blog berbasis WordPress.com atau Networkedblogs. untuk semua tipe platform blog. Untuk blog yang self hosted dengan mesin WordPress.org, tanamkan plugin social media
  • Daftarkan email anda di Gravatar dengan foto diri yang menarik. Pajang juga link ke blog anda di sana.
  • Submit artikel anda ke berbagai social media seperti lintas me
  • Era sebelum Lintas Berita, Kaskus, dan FB eksis, mailing list (milis) adalah sarana berpromosi yang cukup efektif. Yahoogroups (dulu E-Groups) dan Google Groups adalah 2 layanan milis yang besar dan terkenal, layak untuk menjadi pertimbangan promosi blog sobat. Tapi tidak semua milis menerima iklan atau promosi. Triknya adalah anda menjadi anggota di milis umum lalu kopi paste sebagian dari artikel anda dalam email yang akan dikirim ke server milis. cukup sebagian saja, dengan menyertakan link lengkap ke artikel blog. Saya udah coba dan berhasil mendulang traffic yg lumayan. Ini contoh archive email yang saya maksud, Klik disini
  • Ada milis di yahoogroups atau googlegroups yang mengaktifkan fitur penyimpanan online untuk diunduh bersama oleh para anggota milis atau bahkan untuk public. Anda bisa menyisipkan ebook yang berisi link ke blog anda disana.
  • Tag teman-teman facebook anda di sebuah foto atau gambar menarik dan sertakan link ke blog anda dengan embel-embel: kisah lengkapnya ada disini. Mungkin anda sedang berpose dengan artis terkenal atau sedang ngupil 😆 . Trik yang sama adalah tag teman-teman anda di notes facebook
  • Aktif di grup narablog yang ada di facebook seperti Warung Blogger dan sertakan link ke blog anda.
  • Bertukar link dengan narablog lainnya. Meski cara ini bukan lagi cara favorit saya, namun saya masih mendapati traffic dari halaman bertukar link teman-teman narablog lainnya. Rupanya ada ya yang mau repot-repot ngeklik link-link blog hasil bertukar link tsb 😆
  • Anda bisa mem-broadcast sebagian kecil postingan anda pada teman-teman di BB atau di Grup BB lengkap dengan link yang mengarah ke postingan di blog anda. Sebaiknya tidak terlalu sering ya karena banyak yang terganggu di broadcast terus-terusan :mrgreen:
  • Sertakan fasilitas untuk mendaftar ke RSS Feed blog. Siapa tahu ada yang suka dengan postingan anda dan setelah membacanya di email ia lalu memforwardnya untuk dibaca oleh teman-temannya.

!

,

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: