Tips Sukses Berjualan Online Melalui Blog WordPress Part 3

1 November 2012

Tips Ngeblog

English: The logo of the blogging software Wor...

English: The logo of the blogging software WordPress. Deutsch: WordPress Logo 中文: WordPress Logo (Photo credit: Wikipedia)

Tips Sukses Berjualan Online Melalui Blog WordPress Part 3. Ok bro, sis dan gan 😀 ini adalah part ketiga dari seri tulisan bersambung. Part pertama ada di blog ini, part kedua ada di blog Irfan Handi. Sengaja saya pecah ke dalam beberapa part karena memang tipsnya panjang dan saya share ke dalam 2 blog yang berbeda untuk berbagi traffic antar blog ^__^

  • Tips Sukses Berjualan Online Melalui Blog WordPress kesepuluh : Mencantumkan profile penjual

Profile penjual bisa dibuat dalam 1 halaman (page) khusus) di blog jualan anda. Intinya menjelaskan siapa anda. Halaman ini merupakan personal branding anda atau semacam portofolio pribadi. Karena itu buatlah se-meyakinkan mungkin agar calon kostumer mempunyai trust pada anda sebagai penjual online.

Ada yang suka memamerkan fotonya lengkap dengan jas perlente. Menurut pakar marketing, ini penting guna membangun kesan baik pada pandangan pertama. Nah saya tipe yang tidak suka seperti itu. Bukan karena saya jelek wajahnya :mrgreen: atau berbadan kurang bagus 😆 . Saya memang tidak nyaman memamerkan foto-foto sendiri, namun saya punya trik personal branding saya. Bisa lihat disini : Profile Agen . See ? Ini trik personal branding saya. Tidak perlu panjang-panjang, namun ketika calon kostumer melihat gambar di halaman itu, mereka dapat saya yakinkan dengan mudah ^__^

Jika anda sudah mempunyai pengalaman berjualan online selama beberapa waktu, buatlah juga satu postingan / halaman khusus tentang mengapa anda bisa dipercaya. Lihat contohnya disini

  • Tips Sukses Berjualan Online Melalui Blog WordPress kesebelas : Gampang dihubungi

Penjual online yang baik bisa dihubungi dengan mudah baik via SMS, telpon, email, YM, Google Talk, whatsapp, BBM atau YM. Jika anda memang sehari-hari sibuk dengan pekerjaan lain dan belum dapat dihubungi, sebaiknya segera SMS balik calon kostumer dengan mengatakan bahwa nanti anda akan mengurusi pesanan atau pertanyaan dia.

Sebaiknya dari awal anda mempunyai nomer telpon khusus atau PIN BB khusus untuk berjualan, jadi tidak mengganggu aktifitas komunikasi anda dengan keluarga / teman.  Kemudian tentukan kapan jadual anda bisa dikontak, apakah pada jam kerja atau diluar itu? atau bisa dikontak kapan aja 1×24 jam ? Saya sendiri memilih yang terakhir, bisa dikontak kapan aja dengan catatan: kalo sedang istirahat, SMS/BBM/telpon-nya akan dibalas kemudian. Tidak semua orang suka dikontak kapan aja ya, jadi sebaiknya memang anda tentukan ini dari awal di blog jualan anda

Bagaimana dengan YM ? Penting gak dipasang di blog jualan? Itu terserah pada preferensi anda. Saya pribadi memang tidak suka ber-YM ria, tapi saya mencantumkan no telpon/whatsapp/pin BB yang bisa dikontak kostumer. Jika anda memang sering online, ada baiknya mencantumkan kode HTML yahoo messenger (YM) anda di blog jualan

  • Tips Sukses Berjualan Online Melalui Blog WordPress keduabelas : Sabar

Kostumer itu maunya macam-macam dengan sifat personal yang beragam pula. Ada yang gak neko-neko, langsung order dan transfer tanpa banyak bertanya. Ada yang nanya seabreg-abreg tapi belinya cuman dikit atau malah tidak beli sama sekali.

Itulah yang akan anda hadapi ketika memutuskan untuk terjun membuat toko online. Kuncinya adalah sabar. Pepatah Pelanggan adalah raja memang benar-benar berlaku dalam dunia perdagangan. Sekesal apapun anda pada perlakuan kostumer / calon kostumer, anda tetap harus berkepala dingin. Namun jika mereka mulai menjurus ke hal-hal tidak senonoh, kita sebaiknya menghindar atau tegas dalam batas-batas tersebut.

  • Tips Sukses Berjualan Online Melalui Blog WordPress ketigabelas : Testimonial

Adanya testimonial dari para kostumer anda adalah faktor penting lain yang bisa membuat calon kostumer baru membeli dari blog jualan anda. Kumpulkan testimonial ini, bisa via email, via screenshot YM, screenshot BBM, atau dari SMS.

Bagaimana dengan blog jualan baru ? Kan belum ada testinya nih ? Karena itu mintalah dengan sopan pada kostumer anda disertai dengan iming-iming gift. Bisa berupa gantungan kunci, asesoris, dll. Gak papa keluar uang sedikit namun anda mendapatkan testimonial  berharga dari kostumer. Saya tidak segan mengirimkan gift pada kostumer ketika saya meminta testimoni mereka.

Untuk blog baru, jangan membuat testimoni palsu, seakan-akan anda menerima banyak testimoni dari pelanggan. Memang tidak ada yang tahu, tapi disinilah kejujuran anda diuji. Jika anda tidak jujur pada diri sendiri, bagaimana anda bisa diharapkan jujur pada orang lain ?

Ingat: semua testimoni harus sepengetahuan kostumer ya, jangan main capture screenshot begitu aja lalu dipampang di blog anda tanpa sepengetahuan mereka. Kemudian testimoni itu sebaiknya menyensor nama/no telp/email pelanggan ya. Privacy mereka harus anda jaga!

Tips Sukses Berjualan Online Melalui Blog WordPress Part 3

,

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: