Benarkah Telur Burung Puyuh Memiliki Kadar Kolesterol Sangat Tinggi?

2 Maret 2016

Healthy Liffestyle

Salah satu penyakit yang paling menyeramkan adalah penyakit kolesterol tinggi. Bagaimana tidak, penyakit ini adalah salah satu penyebab adanya penyakit serangan jantung. Penyakit kolesterol tinggi juga merupakan salah satu penyakit tingkat pertama dalam hal penyebab kematian di Indonesia. Sudah banyak dokter dan berbagai lembaga kesehatan yang selalu memberikan anjuran tegas kepada masyarakat untuk mulai menjaga kadar kolesterol.

Ada banyak penyebab kolesterol tinggi, salah satunya adalah mengkonsumsi bahan makanan yang kurang sehat dan mengandung kadar kolesterol tinggi. Kita sudah mengetahui beberapa makanan yang terkenal dengan kadar kolesterol yang tinggi seperti jeroan kambing, jeroan sapi, kerang putih, mentega, bahkan coklat pun bisa menjadi penyebab kolesterol tinggi jika mengkonsumsinya secara berlebihan.

Nah, sekarang pertanyaannya adalah apakah telur burung puyuh masuk kedalam daftar makanan yang memiliki kadar kolesterol yang sangat tinggi?

Jawabannya adalah YA! Benar! Telur buyung puyuh adalah jenis makanan yang paling memiliki kadar kolesterol tertinggi dan sudah masuk dalam kategori makanan yang dipantang oleh para dokter karena efeknya yang sangat luar biasa terhadap penyakit kolesterol? Ya, kalau tidak percaya mari kita lihat daftar makanan yang mengandung kolesterol yang sudah kami urut dari makanan dengan kadar kolesterol mulai dari 0, rendah, hingga tinggi.

Daftar Kandungan Kolesterol per 10 Gram Bahan Makanan

  1. Teripang, sejenis hewan laut yang biasa dikonsumsi sebagai obat, memiliki kadar kolesterol 0, dan masuk dalam kategori makanan sehat.
  2. Susu sapi (non-fat), juga memiliki kadar kolesterol 0, sehat dan aman untuk dikonsumsi.
  3. Putih telor ayam, kadar kolesterol 0, sehat untuk dikonsumsi.
  4. Daging bebek pilihan tanpa kulit, memiliki kadar kolesterol 50, namun masih aman dan sehat untuk dikonsumsi.
  5. Daging ayam pilihan tanpa kulit, hampir sama dengan bebek pilihan tanpa kulit, kadar kolesterol 50, aman dan sehat untuk dikonsumsi.
  6. Daging kelinci, kadar kolesterol 65, sehat dan aman dikonsumsi.
  7. Daging asap, dengan kadar kolesterol 98, masih bisa dikonsumsi sekali-sekali.
  8. Burung dara, dengan kadar kolesterol 110, bisa dikonsumsi sekali-sekali
  9. Daging sapi berlemak, dengan kadar kolesterol 125, bisa dikonsumsi sekali-sekali.
  10. Gajih kambing, memiliki kadar kolesterol cukup tinggi yaitu 130, jenis ini sudah mulai masuk dalam kategori hati-hati.
  11. Kepiting, kadar kolesterol 150, anda harus hati-hati jika ingin konsumsi makanan ini, jika punya masalah kolesterol, harap jangan sering-sering makan kepiting.
  12. Sosis daging, memiliki kadar kolesterol sekitar 150, ini juga masuk kedalam kategori hati-hati.
  13. Kerang, memiliki kadar kolesterol 160, ini sudah masuk kedalam kategori sangat hati-hati.
  14. Udang, kadar kolesterol 160, kategori sangat hati-hati.
  15. Santan kelapa, memiliki kadar kolesterol tinggi yaitu 185, ini sudah masuk dalam kategori makanan yang berbahaya.
  16. Mentega, dengan kadar kolesterol 300, bisa dikategorikan sebagai bahan makanan berbahaya untuk kolesterol.
  17. Coklat, hampir sama dengan mentegi, makanan jenis ini juga mempunyai kadar kolesterol cukup tinggi, yaitu sekitar 290, kategori berbahaya.
  18. Jeroan Sapi, kadar kolesterol 380, kategori berbahaya.
  19. Jeroan kambing, bagi pencinta jeroan, harap berhati-hati karena ini memiliki kadar kolesterol 610, ini sudah masuk dalam kategori berbahaya.
  20. Otak sapi, makanan ini sangat berbahaya untuk dikonsumsi oleh orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi karena otak sapi memiliki kadar kolesterol sebanyak 2300, ini sudah sangat dipantang oleh dokter.
  21. Dan yang terakhir adalah telur burung puyuh, dengan kadar kolesterol 3640 menjadikan makanan ini dinobatkan sebagai bahan makanan yang sangat berbahaya terutama bagi para penderita kolesterol tinggi.

Berikut adalah jenis-jenis makanan lengkap dengan informasi kadar kolesterolnya. Informasi ini bersumber dari General Hospital di Singapore. Bisa kita lihat bah telor burung puyuh adalah jenis makanan yang sangat dipantang untuk dikonsumsi karena kadar kolesterolnya yang sangat tinggi. Bisa dibayangkan bahwa telur burung puyuh mengalahkan jeroan kambing, jeroan sapi, dan bahkan otak sapi.

Sebenarnya telur burung puyuh merupakan makanan yang memiliki banyak kandungan vitamin yang sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak. Setiap 100 gram telur puyuh mengandung 13,05 gram protein. Kadar protein pada telur puyuh lebih tinggi dari telur bebek dan ayam.

Tidak hanya itu daya cernanya juga sangat tinggi, jadi semua kandungan protein dalam telur burung puyuh bisa langsung diserap sempurna oleh tubuh. Selain itu telur burung puyuh juga memiliki kadar kolin yang cukup tinggi.

Zat ini berperan sangat penting untuk perkembangan fungsi otak, terutama untuk anak-anak. Namun tentu saja, selain zat-zat tersebut, kita sudah kehui bahwa telur burung puyuh juga memiliki kadar kolesterol yang sangat tinggi. Jadi bisa disimpulkan bahwa telur burung puyuh bisa berguna untuk perkembangan tubuh dan otak anak, namun juga bisa sangat berbahaya bagi orang-orang yang memiliki kolesterol tinggi.

Setelah kita mengetahui informasi di atas. Lantas apa yang seharusnya kita lakukan? Bagi mereka yang tidak menyukai jenis telur burung puyuh akan sangat gampang untuk menghindarinya, namun bagaimana jika anda pecinta makanan telur burung puyuh, apakah anda harus berhenti memakannya sekarang juga? Itu semua tergantung kepada diri anda sendiri, namun kami sarankan untuk mulai mengurangi frekuensi mengkonsumsi telur burung puyuh dan menggantinya dengan jenis lelur lain yang lebih rendah kadar kolesterolnya. Namun tenang saja, kami akan jelaskan beberapa cara untuk mengatasi kolesterol tinggi. Tapi sebelum itu mari kita lihat beberapa dampat dan penyebab timbulnya penyakit kolesterol tinggi.

Dampak dan Penyebab Kolesterol yang Tinggi

Penyakit kolesterol tinggi sudah terkenal menyebabkan penyakit mematikan lainnya, seperti serangan jantung koroner, stroke dan beberapa penyakit lainnya. Pasalnya kolesterol bisa mengendap dan terkumpul jadi satu di dinding arteri. Hal tersebut menyebabkan tersumbatnya aliran darah ke otak, jantung dan organ-organ tubuh lainnya. Jika sampai terhembat di otak maka akan timbul stroke, jika tersumbatnya di jantung maka akan menyebabkan penyakit jantung koroner.

Selain pola makan yang tidak sehat, ada beberapa yang menyebabkan adanya penyakit kolesterol tinggi. Contohnya terlalu banyak merokok dan faktor keturunan. Bagi para perokok, perlu diketahui bahwa rokok bisa memperkuat terjadinya penyumbatan kolesterol pada organ tubuh anda. Hal ini disebabkan di dalam rokok terdapat zat bernama akrolein yang bisa menghentikan kinerja kolesterol baik dan mengakibatkan kolesterol jahat mengendap di jalur-jalur arteri dan menyebabkan aterosklerosis. Bisa juga diakibatkan oleh penyakit keturunan yang biasa disebut dengan familial hypercholesterolaemia (FH). Ini sangat berbahaya karena meskipun anda sudah mengkonsumsi makanan sehat, anda tetap memiliki kolesterol tinggi karena faktor keturunan.

Cara Mengatasi Penyakit Kolesterol Tinggi

Ada beberapa cara mudah untuk atasi kolesterol tinggi. Yang anda harus lakukan adalah tetap konsisten dan bersabar untuk melakukan langkah-langkah tepat dan sederhana untuk mengatasi kolesterol tinggi. Berikut adalah cara tepat dan mudah atasi kolesterol tinggi.

  1. Kurangi makanan berlemak dan yang mengandung kolesterol tinggi seperti jeroan dan telor puyuh.
  2. Perbanyak makanan yang mengandung anti oksidan tinggi seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. pola makan yg mengandung banyak buah dan sayuran segar adalah food combining
  3. Sering-seringlah konsultasikan segala keluhan anda ke dokter.
  4. Konsumsi obat kolesterol alami yang bisa dibeli di apotik-apotik atau toko herbal terdekat.
  5. Hindari rokok, karena rokok bisa menyebabkan penyakit komplikasi lainnya.
  6. Olah raga yang teratur

Sumber:

  • health.liputan6.com/read/2191431/7-fakta-menarik-seputar-kolesterol-yang-perlu-anda-tahu
  • health.liputan6.com/read/515014/penyakit-jantung-tidak-selalu-akibat-tingginya-kolesterol
  • www. peterparkerblog.com/362/daftar-kandungan-kolesterol/

5 artikel terakhir di blog annunaki

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Komentar ditutup.